1.
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Pengertian :
Perangkat Lunak Word
Processor (selanjutnya disebut pengolah kata) adalah suatu program pengolah
dokumen berisi teks dan gambar yangmemiliki banyak keistimewaan dan sangat
profesional dibanding dengan program teks yang sudah ada.
Dalam sistem operasi
berbasis teks seperti DOS kita bisa memanfaatkan perintah copycon untuk
membuat file teks, walaupun sifatnya sangat-sangat terbatas. Sedangkan dalam
sistem operasi GUI seperti Windows sebenarnya sudah ada notepad maupun Wordpad
yang kemampuannya dalam mengolah kata sudah cukup baik. Namun karena tuntutan
terhadap kebutuhan untuk bekerja dengan teks dan obyek-obyek lain yang semakin
kompleks akhirnya harus dipergunakan Perangkat Lunak yang benar-benar bisa
memenuhinya.
Saat ini sudah
terdapat banyak sekali Perangkat Lunak pengolah katayang bisa mengerjakan
bermacam tugas yang sangat kompleks.Contoh-contohnya adalah Wordstar,
ChiWriter, WordPerfect, MS Work,Microsoft Word, KWriter dan AmiPro.
Ciri khas Perangkat Lunak pengolah kata secara umum adalah mengolah
mulai dari karakter, kata, kalimat, yang akhirnya membentuksuatu paragraf,
sekumpulan paragraf membentuk satu halaman, dankumpulan halaman membentuk
sebuah naskah yang dalam hal inidisebut sebagai file atau dokumen.
Kemampuan utama
Perangkat Lunak pengolah kata meliputi penulisan, pembentukan (formatting)
penambahan, penghapusan, penyimpanan dan pencetakan.
KD. 5.1
Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam
perangkat lunak pengolah kata
|
1. Title Bar : berisi judul dokumen dan tombol minimize, maximize, Exit.
2. Menu Bar : berisi menu-menu shotcut perintah dalam word.
3. Toolbar : berisi tombol-tombol shotcut perintah dalam word
4. Tombol Close dokumen
5. Task Pane : panel task (kumpulan task dalam word)
6. Vertical Scrool Bar : menggeser dokumen secara vertical
7. Horizontal Scrool Bar : menggeser dokumen secara horizontal
8. Halaman tempat membuat teks atau dokumen
9. Horizontal Ruler : melihat atau mengatur batas teks
10. Ruler Indent : mengatur tabulasi
11. Kursor : penanda posisi aktif pengetikan secara default teks yang diketik akan ditempatkan dikursor.
12. Vertical Ruler : melihat atau mengatur batas teks
13. Toolbar Drawing : kumpulan tombol shortcut untuk membuat gambar atau bentuk sederhana
14. Status Bar : untuk menampilkan halaman yang aktif, jumlah halaman, baris atau kolom yang aktif.
KD. 5.2
Menggunakan
menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
|
Menggunakan Menu Dan
Ikon Pengolah Kata Pada Microsoft Office Word
Microsoft Office Word 2007 (untuk selanjutnya disebut
MS. Word saja) merupakan sebuah program aplikasi pengolah kata(Word
Processor) buatan Microsoft Corporation. MS. Word 2007 merupakan
hasil pengembangan dari beberapa versi sebelumnya. MS. Word tampil lebih user
friendly dan sudah menggunakan ribbon sebagai standar baru dalam
menampilkan menu-menu tool. Berdasarkan klaim mereka, ribbon adalah sebuah
inovasi yang kelak di masa mendatang menjadi sebuah standar bagi tampilan menu.
Bagi yang baru bermigrasi dari Word 2003 ke MS. Word
2007 tidak perlu panik dengan pemandangan yang begitu asing tersebut. Anda
hanya perlu sedikit adaptasi dan setelah itu, Anda akan merasakan efisiensi dan
kemudahan dalam bekerja. Bila Anda kurang percaya, silahkan buka MS. Word 2007,
letakkan pointer mouse ke area area menu, kemudian putar tombol gulir. Apa yang
terjadi? Anda benar! Anda dapat membuka pintu akes ke setiap ribbon hanya
dengan putaran tombol gulir saja.
Kembali
ke masalah menu icon, MS. Word 2007 mengenal istilah tab, ribbon, dan group
dalam menyajikan menu tool. Berbeda dengan Word 2003 dan sebelumnya yang hampir
100% dikuasai Kaum Bar-Bar (Titlebar, Menu Bar dan Toolbar).
Membuat Dokumen
Untuk membuat dokumen
baru, dapat dilakukan dengan cara berikut:
1. Klik menu File > New sehingga muncul jendela Task Pane yang menampilkan bagian New Document.
2. Setelah itu, pilihlah Blank Document untuk membuat dokumen. (Dapat juga memilih salah satu dokumen template untuk membuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan.)
Di dalam Tool Bar juga terdapat tombol New Blank Document (lihat gambar dibawah) yang befungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela Task Pane.
1. Klik menu File > New sehingga muncul jendela Task Pane yang menampilkan bagian New Document.
2. Setelah itu, pilihlah Blank Document untuk membuat dokumen. (Dapat juga memilih salah satu dokumen template untuk membuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan.)
Di dalam Tool Bar juga terdapat tombol New Blank Document (lihat gambar dibawah) yang befungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela Task Pane.
Sebelum memulai dokumen, sebaiknya
atur properti terlebih dahulu. Pengaturan properti mempengaruhi hasil cetakan.
Pengaturan properti dapat dilakukan dengan menggunakan perintah File > Page Setup sehingga muncul kotak dialog
Page Setup (lihat gambar dibawah). Kotak dia
keterangan :
Margins : untuk menentukan batas atas (Top), kiri (Left), kanan (Right), dan bawah (Bottom) dokumen, dan ada juga orientasi kertas. Gambar 6 menunjukkan margin halaman.
Paper Size : untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilih opsinya pada menu drop-down. Jika menginginkan unkuran kertas sendiri, dapat diisi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height.
Margins : untuk menentukan batas atas (Top), kiri (Left), kanan (Right), dan bawah (Bottom) dokumen, dan ada juga orientasi kertas. Gambar 6 menunjukkan margin halaman.
Paper Size : untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilih opsinya pada menu drop-down. Jika menginginkan unkuran kertas sendiri, dapat diisi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height.
Secara default, satuan
yang digunakan pada ruler maupun margin adalah inchi. Untuk mengubahnya ke
centimeter, klik menu Tools > Options sehingga muncul kotak dialog
Options (Gambar dibawah). Pilih tab General. Pada bagian Measurements
Units, gantilah satuan keCentimeters.
Menyimpan Dokumen
setelah kita
mempelajari cara membuat dokumen baru pada ms word, sekarang kita perlu
menyimpannya. Nah Untuk menyimpan dokumen baru,secara default nama dokumen
yang dibuat akan berurutan, yaitu Document 1, Document 2, Document
3, dan seterusnya. Cara untuk menyimpan dokumen adalah sebagai
berikut:
1. Klik menu File -> Save atau File -> Save As sehingga muncul kotak dialogSave As berikut
1. Klik menu File -> Save atau File -> Save As sehingga muncul kotak dialogSave As berikut
2. Di dalam kotak
dialog tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut:
• Save in: tentukan lokasi folder tempat dokumen akan disimpan.
• File name: ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
• Save as type: type dokumen, gunakan default yang diberikan, yaitu Word Document.
• Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
• Save in: tentukan lokasi folder tempat dokumen akan disimpan.
• File name: ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
• Save as type: type dokumen, gunakan default yang diberikan, yaitu Word Document.
• Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
Untuk menyimpan dokumen lama yang telah diedit, klik menu File -> Save. Apabila dokumen
tersebut hendak disimpan dengan nama yang berbeda, klik File -> Save As
sehingga caranya sama seperti menyimpan dokumen baru. Apabila dalam menyimpan
dokumen, nama yang digunakan sama dengan nama yang sudah ada di dalam folder,
maka kotak konfirmasi seperti ini :
• Replace exiting file: menimpa file yang sudah ada dengan
dokumen baru.
• Save change with a different name: menyimpan dokumen baru dengan nama lain.
• Merge into exiting file: menggabungkan perubahan yang dilakukan kedalam file yang sudah ada.
• Save change with a different name: menyimpan dokumen baru dengan nama lain.
• Merge into exiting file: menggabungkan perubahan yang dilakukan kedalam file yang sudah ada.
Setelah selesai mengedit dokumen dan
memastikan sudah menyimpannya, ada beberapa cara untuk menutup dokumen, yaitu:
• Klik menu File -> Close.
• Klik tombol Close Window yang terdapat di dalam Title Bar.
• Klik menu File -> Close.
• Klik tombol Close Window yang terdapat di dalam Title Bar.
Dokumen yang telah disimpan dapat dibuka
dengan salah satu cara berikut:
• Klik menu File -> Open.
• Klik tombol Open yang terdapat di dalam Tool Bar.
kemudian pilih file dokumen yang hendak dibuka.
• Klik menu File -> Open.
• Klik tombol Open yang terdapat di dalam Tool Bar.
kemudian pilih file dokumen yang hendak dibuka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar