Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 04 Desember 2013

1.           Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Pengertian :
Perangkat Lunak Word Processor (selanjutnya disebut pengolah kata) adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar yangmemiliki banyak keistimewaan dan sangat profesional dibanding dengan program teks yang sudah ada.
Dalam sistem operasi berbasis teks seperti DOS kita bisa memanfaatkan perintah copycon untuk membuat file teks, walaupun sifatnya sangat-sangat terbatas. Sedangkan dalam sistem operasi GUI seperti Windows sebenarnya sudah ada notepad maupun Wordpad yang kemampuannya dalam mengolah kata sudah cukup baik. Namun karena tuntutan terhadap kebutuhan untuk bekerja dengan teks dan obyek-obyek lain yang semakin kompleks akhirnya harus dipergunakan Perangkat Lunak yang benar-benar bisa memenuhinya.
Saat ini sudah terdapat banyak sekali Perangkat Lunak pengolah katayang bisa mengerjakan bermacam tugas yang sangat kompleks.Contoh-contohnya adalah Wordstar, ChiWriter, WordPerfect, MS Work,Microsoft Word, KWriter dan AmiPro.
Ciri khas Perangkat  Lunak pengolah kata secara umum adalah mengolah mulai dari karakter, kata, kalimat, yang akhirnya membentuksuatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk satu halaman, dankumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal inidisebut sebagai file atau dokumen.
Kemampuan utama Perangkat Lunak pengolah kata meliputi penulisan, pembentukan (formatting) penambahan, penghapusan, penyimpanan dan pencetakan.
KD. 5.1
Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
http://smpnduakartasura.files.wordpress.com/2012/04/pengenalan-word-b1.jpg?w=560
Keterangan :
1. Title Bar : berisi judul dokumen dan tombol minimize, maximize, Exit.


2. Menu Bar : berisi menu-menu shotcut perintah dalam word.


3. Toolbar : berisi tombol-tombol shotcut perintah dalam word


4. Tombol Close dokumen


5. Task Pane : panel task (kumpulan task dalam word)


6. Vertical Scrool Bar : menggeser dokumen secara vertical


7. Horizontal Scrool Bar : menggeser dokumen secara horizontal


8. Halaman tempat membuat teks atau dokumen


9. Horizontal Ruler : melihat atau mengatur batas teks


10. Ruler Indent : mengatur tabulasi


11. Kursor : penanda posisi aktif pengetikan secara default teks yang diketik akan ditempatkan dikursor.
12. Vertical Ruler : melihat atau mengatur batas teks


13. Toolbar Drawing : kumpulan tombol shortcut untuk membuat gambar atau bentuk sederhana


14. Status Bar : untuk menampilkan halaman yang aktif, jumlah halaman, baris atau kolom yang aktif.
KD. 5.2
Menggunakan menu dan ikon  yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
Menggunakan Menu Dan Ikon Pengolah Kata Pada Microsoft Office Word
Microsoft Office Word 2007 (untuk selanjutnya disebut MS. Word saja) merupakan sebuah program aplikasi pengolah kata(Word Processor) buatan Microsoft Corporation. MS. Word 2007 merupakan hasil pengembangan dari beberapa versi sebelumnya. MS. Word tampil lebih user friendly dan sudah menggunakan ribbon sebagai standar baru dalam menampilkan menu-menu tool. Berdasarkan klaim mereka, ribbon adalah sebuah inovasi yang kelak di masa mendatang menjadi sebuah standar bagi tampilan menu.
Bagi yang baru bermigrasi dari Word 2003 ke MS. Word 2007 tidak perlu panik dengan pemandangan yang begitu asing tersebut. Anda hanya perlu sedikit adaptasi dan setelah itu, Anda akan merasakan efisiensi dan kemudahan dalam bekerja. Bila Anda kurang percaya, silahkan buka MS. Word 2007, letakkan pointer mouse ke area area menu, kemudian putar tombol gulir. Apa yang terjadi? Anda benar! Anda dapat membuka pintu akes ke setiap ribbon hanya dengan putaran tombol gulir saja.
Kembali ke masalah menu icon, MS. Word 2007 mengenal istilah tab, ribbon, dan group dalam menyajikan menu tool. Berbeda dengan Word 2003 dan sebelumnya yang hampir 100% dikuasai Kaum Bar-Bar (Titlebar, Menu Bar dan Toolbar).
Membuat Dokumen
Untuk membuat dokumen baru, dapat dilakukan dengan cara berikut:
1. Klik menu File > New sehingga muncul jendela Task Pane yang menampilkan bagian New Document.
2. Setelah itu, pilihlah Blank Document untuk membuat dokumen. (Dapat juga memilih salah satu dokumen template untuk membuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan.)
Di dalam Tool Bar juga terdapat tombol New Blank Document (lihat gambar dibawah) yang befungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela Task Pane.
mw4
mw5
keterangan :
Margins : untuk menentukan batas atas (Top), kiri (Left), kanan (Right), dan bawah (Bottom) dokumen, dan ada juga orientasi kertas. Gambar 6 menunjukkan margin halaman.
Paper Size : untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilih opsinya pada menu drop-down. Jika menginginkan unkuran kertas sendiri, dapat diisi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height.
Secara default, satuan yang digunakan pada ruler maupun margin adalah inchi. Untuk mengubahnya ke centimeter, klik menu Tools > Options sehingga muncul kotak dialog Options (Gambar dibawah). Pilih tab General. Pada bagian Measurements Units, gantilah satuan keCentimeters.
mw6
Menyimpan Dokumen
setelah kita mempelajari cara membuat dokumen baru pada ms word, sekarang kita perlu menyimpannya. Nah Untuk menyimpan dokumen baru,secara default nama dokumen yang dibuat akan berurutan, yaitu Document 1, Document 2, Document 3, dan seterusnya. Cara untuk menyimpan dokumen adalah sebagai berikut:
1. Klik menu File -> Save atau File -> Save As sehingga muncul kotak dialogSave As berikut
save ms word
2. Di dalam kotak dialog tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut:
• Save in: tentukan lokasi folder tempat dokumen akan disimpan.
• File name: ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
• Save as type: type dokumen, gunakan default yang diberikan, yaitu Word Document.
• Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
Untuk menyimpan dokumen lama yang telah diedit, klik menu File -> Save. Apabila dokumen tersebut hendak disimpan dengan nama yang berbeda, klik File -> Save As sehingga caranya sama seperti menyimpan dokumen baru. Apabila dalam menyimpan dokumen, nama yang digunakan sama dengan nama yang sudah ada di dalam folder, maka kotak konfirmasi seperti ini :
84
• Replace exiting file: menimpa file yang sudah ada dengan dokumen baru.
• 
Save change with a different name: menyimpan dokumen baru dengan nama lain.
• 
Merge into exiting file: menggabungkan perubahan yang dilakukan kedalam file yang sudah ada.
Setelah selesai mengedit dokumen dan memastikan sudah menyimpannya, ada beberapa cara untuk menutup dokumen, yaitu:
• Klik menu 
File -> Close.
• Klik tombol 
Close Window yang terdapat di dalam Title Bar.
Dokumen yang telah disimpan dapat dibuka dengan salah satu cara berikut:
• Klik menu 
File -> Open.
• Klik tombol 
Open yang terdapat di dalam Tool Bar.
kemudian pilih file dokumen yang hendak dibuka.
Agar file-file dokumen tertata rapi, hendaknya file disimpan di dalam folder sesuai kategori, ini juga dapat membantu saat hendak membuka file yang telah tersimpan. Untuk membuat folder, lihat kotak dialog gambar 10, bedanya hanya klik kanan pada mouse lalu pilih New -> Folder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About